Pengertian
Cell dan Range pada Microsoft Excel
Microsoft excel mempunyai
bagian-bagian penting salah satunya adalah Workbook dan Worksheet, selanjutnya
kita akan membahas bagian excel lainnya yaitu Row (baris), Column (kolom), Cell
dan Range. Empat objek ini merupakan objek utama dalam program microsoft excel.
saat pertama kali anda belajar excel, mungkin anda akan bingung melihat lembar
kerja berbentuk kotak-kotak yang sangat banyak, sangat berbeda dengan aplikasi
office lainya. Pada lembar kerja excel tampilan kotak-kotak ini disebut cell
yang berfungsi sebagai tempat untuk menampung data excel. Selanjutnya pada
bagian ini kita juga akan belajar memahami tentang pengertian cell dan range
dengan melakukan beberapa kegiatan dasar di excel yaitu seleksi data, input
data, hapus data dan edit data pada cell.
Pengertian
Cell dan Range, Row, Column
Row adalah baris horisontal pada lembar kerja excel yang di
wakili oleh nomor (1,2,3,4…..) dengan jumlah baris maksimum adalah 1.048.576row
pada excel
Column adalah kolom vertikal pada lembar kerja excel yag diwakili oleh Huruf (A,B,C,D,E,….) dengan jumlah kolom maksimum adalah 16.384 atau kolom (XFD)kolom pada excel

Cell adalah tempat untuk menginput dan menampung data pada
excel yang didalamnya terdapat alamat cell. alamat cell merupakan titik temu
antara kolom dan baris. Sebagai contoh jika sebuah kursor berada di kolom C dan
baris 6, maka alamat cellnya adalah C6. alamat cell ini akan ditampilkan pada
name box, lihat gambar dibawah.Pengertian cell

Range adalah gabungan dari beberapa cell atau bisa juga di
artikan gabungan dari beberapa kolom atau beberapa baris. Range juga mempunyai
alamat yaitu dengan cara membaca alamat cell awal = A1 dengan alamat cell akhir
= D4. Dari gambar di bawah ini maka alamat range dapat diartikan Range
A1:D4.pengertian range

Input data
kedalam cell
Untuk memasukkan data kedalam cell Excel dapat
dilakukan dengan posedur berikut
Klik Cell tujuan Misal “A1” dengan menggunakan
mouse atau keyboard (tombol kursor).
Setelah cell terpilih, ketikan data yang ingin
dimasukkan menggunakan keyboard.
Tekan tombol Enter atau TAB.
Anda dapat menggunakan tombol Tab untuk menginput
data, kursor akan berpindah ke kanan ke kolom berikutnya.
Anda dapat menggunakan tombol Enter ditekan, kursor
akan pindah satu baris ke bawah.
Untuk membatalkan inputan data anda dapat
menggunakan tombol Esc (Escape).
Edit data dan Berpindah antar cell
Jika terjadi kesalahan memasukkan data, anda dapat
mengubahnya dengan prosedur berikut ini :
Klik Cell
yang akan diubah.
Untuk melakukan perubahan data tekan tombol F2 atau
double klik pada cell kemudian ubah datanya.
Berpindah antar cell dapat anda lakukan menggunakan
tombol navigasi pada keyboard :
Tombol panah atas : berfungsi untuk menuju satu
cell diatasnya
Tombol panah bawah : berfungsi untuk menuju satu
cell dibawahnya
Tombol panah kanan : berfungsi untuk menuju satu
cell ke kanan
Tombol panah kiri : berfungsi untuk menuju satu
cell ke kiri
Cara
Seleksi cell dan range
Seleksi cell pada lembar kerja excel dapat dilakukan dengan
menggunakan klik mouse dan drag mouse, klik mouse satu kali akan menseleksi
satu cell saja, untuk lebih dari satu cell anda dapat menggunakan Drag mouse
untuk beberapa cell. untuk seleksi range (blok range) anda dapat gunakan tahan
klik dan drag mouse sampai terseleksi range tersebut, atau dapat menggunakan
shortcut keyboard Shift+Anak panah. contoh seleksi range untuk tabel di bawah
dengan prosedur berikut :
Pengertian cell dan range
Klik mouse dan tahan Drag (geser) sampai pada kolom C42,
anda juga dapat menggunakan shortcut keyboard Shift+Panah kanan.
Setelah data terseleksi nantinya anda dapat copy, cut atau
format range tersebut dengan pewarnaan cell atau yang lainya sesuai kebutuhan.
Setelah anda memahami apa itu Baris, kolom, cell dan range pada excel, selanjutnya kita akan mencoba bekerja dengan menggunakan baris dan kolom di excel. Pada materi ini kita akan mencoba menambahkan kolom dan baris pada data excel kemudian edit kolom dan barisnya. menambahkan kolom dan baris ini mempunyai fungsi ketika kita bekerja dengan suatu data kemudian kita akan menyisipkan data baru pada data tersebut atau sebaliknya kita dapat hapus kolom dan baris data ketika kita tidak membutuhkannya.
0 comments:
Post a Comment
Apa pendapatmu