Cara Membuat Tabel di Microsoft Excel
Setelah anda menambahkan data pada lembar kerja excel,
umumnya data tesebut akan dijadikan sebagai tabel. kegunaan tabel pada lembar
kerja excel adalah data lebih terorganisir, mudah dalam membaca data, dan mudah
dalam mengurutkan dan memfilter data nantinya. bagaiman cara membuat tabel di
Microsoft excel dengan mudah, berikut langkahnya.
Cara Membuat tabel di excel
anda masih membuat tabel dengan Border style?? membuat tabel
dengan border tidaklah salah, cara ini umum digunakan oleh banyak penggguna
excel awam. berikut cara membuat tabel
di microsoft excel dengan mudah. Membuat tabel umumnya dibuat setelah data
sudah ada (sudah di ketik terlebih dahulu) pada worksheet, excel memfasilitasi
pembuatan tabel dengan data yang sudah ada maupun masih kosong. untuk pembuatan
tabel dengan data yang sudah ada ikuti langkah berikut :
1. Seleksi
/ blok data range yang akan dibuat tabel.
2. Masuk
ke Tab Insert, pilih table
3. Pada
window create table otomatis akan di referensikan alamat cell yang terseleksi.
check list My table has header jika data sudah mempunyai header (judul kolom).
4. Klik
OK.
Hasilnya tampilan adalah seperti dibawah ini. tabel sudah diformat secara otomatis oleh excel dengan dropdown filter pada masing masing judul.
Edit Tabel di microsft excel
Setelah anda selesai membuat tabel, pada menu tab akan
muncul tab baru namanya adalah Tab Design, Tab ini berfungsi untuk mengatur
fungsi tabel.
Design table
Untuk edit table style, ikuti prosedur berikut ini.
1. Letakan
pointer pada area data tabel.
2. Masuk
ke tab Design (table Tools), pada table styles sorot salah satu model table
yang akan dipakai. excel akan menampilkan live preview pada tabel.
3. Untuk
memilih klik salah satu table style.
Setelah selesai membuat tabel ada opsi tambahan untuk
mengatur tabel yaitu Table Style Option. grup ini berfungsi untuk tambahan data
pada tabel dengan cara cheklist :
1. Header Row = Menampilkan dan menghilangkan Baris judul
2. Total
Row = Menambahkan baris TOTAL pada akhir baris. jika terdapat data maka akan
dikalkulasikan secara otomatis.
3. Banded
Row = Memberikan format berbeda antar baris untuk memudahkan membaca data.
4. First
Column = Memberikan format tampilan seperti header untuk menandai kolom awal.
5. Last
column = Memberikan format tampilan seperti header untuk menandai kolom akhir.
6. Banded
Columns = Memberikan format berbeda antar kolom untuk memudahkan membaca data.
7. Filter
button = untuk menampilkan dan
menyembunyikan dropdown filter.
Untuk menambahkan baris pada tabel cukup letakan kursor pada
cell paling akhir dan gunakan tombol tab pada keyboard untuk menambahkan
datanya. format tabel pada baris baru akan otomatis akan diformat sesuai format
tabel yang sudah ada. ada banyak cara membuat tabel di microsft excel, salah
satunya dengan cara diatas. cara selanjutnya anda dapat gunakan fitur excel
yaitu format as table yang sudah kami ulas pada artikel “membuat tabel dengan
mudah dan cepat”no.
0 comments:
Post a Comment
Apa pendapatmu