Bagian-Bagian dan
Tampilan Microsoft Word Beserta Fungsinya
Program aplikasi Microsoft Word adalah salah
satu aplikasi pengolah kata yang paling diminati banyak pengguna di dunia.
Karena mempunyai banyak fitur-fitur dengan tampilan yang mudah digunakan (user friendly). Sehingga software ini dapat membantu
memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya.
Setelah mengetahui pengertian Microsoft Word pada artikel sebelumnya,
kita juga harus mengetahui bagian-bagian Microsoft Word. Agar kita bisa
mengoperasikan aplikasi dan belajar
MS Word dengan mudah. Pada artikel ini saya menggunakan
tampilan Microsoft ord 2019. Namun sebenarnya bagian-bagian dari tampilan tidak
auh berbeda dengan word 2007, 2010, 2013 dan 2016.
Berikut ini tampilan dan bagian-bagian Microsoft Word beserta
fungsinya.
1. Quick Access Toolbar (Toolbar Akses Cepat)
Toolbar akses cepat berada di pojok kiri atas
jendela. Toolbar ini memiliki 3 tombol yang berbentuk icon yaitu tombol Save, Undo & Redo serta Customize Quick Access Toolbar.
Fungsi toolbar akses cepat:
- Save, untuk
menyimpan setiap perubahan file dokumen
- Undo, untuk
membatalkan/mengembalikan perubahan file dokumen yang terakhir. Terlihat
tombol panah mengarah ke bawah untuk melihat setiap daftar perubahan file
yang dibatalkan.
- Redo, untuk
mengembalikan pembatalan apabila kita telah merubah file dokumen yang terakhir.
- Customize Quick Access Toolbar, untuk mengkustomisasi atau kita bebas mengatur tombol
yang ada pada toolbar akses cepat sesuai dengan kebutuhan.
2. Title Bar (Baris Judul)
Title bar adalah bagian Microsoft Word yang
berada di tengah paling atas aplikasi saat MS Word dibuka. Title bar berfungsi
untuk menampilkan nama dokumen dan jenis dokumen yang sedang aktif pada bagian
atas jendela aplikasi. Jika kita membuka file baru dan belum diberi nama maka
dokumen akan secara default bernama Document1, Document2, dan seterusnya.
Tidak hanya itu saja, fungsi title bar yang
lain juga bisa digunakan untuk memindahkan jendela aplikasi secara keseluruhan
dengan cara drag and drop menggunakan
mouse.
3. Window Management (Kontrol Jendela)
Window Management terletak di sudut kanan atas
jendela dan terdiri atas 4 tombol. Fungsi pada masing-masing tombol tersebut
antara lain:
- Tombol Close berfungsi untuk menutup jendela ms word
- Tombol Restore Down digunakan untuk memperkecil
jendela. Sedangkan tombol Maximize digunakan
untuk menampilkan dan memperbesar jendela secara full.
- Tombol Minimize, jika tombol ini diklik maka jendela word
memperkecil dirinya dan menjadi icon aktif pada taskbar.
- Ribbon Display Options,
untuk menampilkan atau menyembunyikan toolbar ribbon, terdapat beberapa
pilihan pengaturan yang bisa kita sesuaikan.
Oh iya, jika jendela ms word dalam ukuran
normal, maka tombol restore akan berubah menjadi tombol maximize, begitu juga sebaliknya.
4. Ribbon
Ribbon adalah kumpulan menu bar yang memiliki
tombol-tombol perintah MS Word dan telah dikelompokkan sedemikian rupa
berdasarkan fungsi masing-masing untuk memudahkan penggunaannya. Fungsi ribbon
adalah untuk mengelompokkan fitur-fitur dari MS Word yang kemudian ditampilkan
secara teratur agar mudah diakses.
Di dalam ribbon terdapat bagian lain yaitu:
- Menu
bar adalah baris menu utama
yang ditampilkan secara mendatar di bawah title bar. Fungsi dari menu bar
adalah untuk mengelompokkan menu berdasarkan kegunaannya. Menu pada
Microsoft Word secara default terdiri dari 10 menu. Yaitu menu Home,
Insert, Design, Layout, References, Mailings, Review, View dan Help.
- Tombol
pembuka dialog box, ada
beberapa menu perintah yang memiliki tombol pembuka dialog box ini. Klik
pada tombol tersebut sehingga akan tampil dialog box yang berhubungan
denga menu perintah tersebut.
5. Ruler (Penggaris)
Ruler adalah fitur pengukur halaman yang
berfungsi untuk mengatur tata letak halaman baik itu teks maupun objek (bisa
gambar, table dan lain sebagainya). Dengan memanfaatkan fitur ini kita dengan
mudah bisa mengetahui dan mengatur batas halaman, tabulasi, jarak teks dengan
tepi halaman maupun dengan objek lainnya.
Letak itu sendiri biasanya terdapat di atas
lembar halaman (tepat di bawah ribbon). Tapi selain itu kita juga bisa
menampilkan ruler di samping halaman.
6. Worksheet (Lembar Kerja)
Jika kita membuka dokumen baru dan terlihat
lembaran halaman bewarna putih itu adalah Worksheet. Worksheet biasa juga
disebut sebagai lembar kerja, workspace atau teks area pada Microsoft Word.
Worksheet ibarat seperti kanvas. Bagian ini merupakan tempat untuk mengetik,
mengedit, menambahkan gambar dan pekerjaan lain sesuai dengan kebutuhan kita.
7. Kursor
Sebelum kita menulis di lembar dokumen yang
baru, kita akan melihat tanda garis tegak yang berkedip-kedip. Letaknya berada
pada kiri atas worksheet. Kursor berfungsi untuk menunjukkan posisi pengetikan
atau posisi interaksi dengan layar saat ini. Ketika mengetikkan sesuatu maka
teks akan keluar di lokasu kursor tersebut.
Kita bisa memindahkan kursor kita dengan
menggerakkan mouse kemanapun yang kita inginkan. Misalnya untuk mengedit teks
yang telah kita tulis.
8. Status Bar
Status bar terdapat pada bagian kiri paling bawah jendela MS
Word. Fungsi status bar adalah untuk menampilkan informasi secara real time
mengenai perintah yang sedang aktif pada dokumen yang sedang dibuka. Informasi
tersebut antara lain:
- Page
… of … , menunjukkan jumlah
total halaman yang sedang ditampilkan dan pada halaman berapa (kursor)
anda aktif.
- …
Words, menunjukkan jumlah kata yang
ada pada dokumen.
- English
(United States), yaitu Bahasa yang digunakan
dalam ms word tersebut maupun sebagai pengejaan kata (spelling) terhadap
teks yang diketik.
9. Page View (Tampilan Halaman)
Bagian jendela yang satu ini terdapat pada
pojok kanan paling bawah ms word. Letaknya sebaris dan bersebelahan dengan
Status Bar. Secara default tampilan yang terlihat pada layar kita adalah
tampilan print layout. Bisa kalian lihat pada gambar tersebut bahwa tampilan
print layout sedang aktif.
Pada toolbar Page View ada 5 macam pilihan
tampilan yang dapat kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Masing-masing mempunyai
fungsi tersendiri bagi penggunannya. Berikut lebih jelasnya apa perbedaan dari
masing -masing tampilan tersebut:
- Read Mode, mode ini
menampilkan halaman dokumen menjadi satu tampilan terdapat 2 lembar
halaman secara berdampingan seperti layaknya buku yang dijilid.
- Print Layout,
mode ini berfungsi untuk menunjukkan ukuran sebenarnya dari dokumen dan
menampilkan tatak letak halaman. Sehingga memudahkan ketika dokumen hendak
dicetak (di print).
- Web Layout,
mode ini berfungsi untuk menampilkan halaman dokumen seperti tampilan pada
website. Halaman dokumen akan nampak melebar jika kalian memilih tampilan
ini.
- Slider zoom in & zoom out, untuk mengatur perbesaran atau pengecilan tampilan
halaman dokumen dengan cara menyeret ke kiri untuk zoom out (atau klik
tombol +) sedangkan seret ke kanan untuk zoom in (atau klik tombol -)
Bagaimana, apa kalian sudah mengenal betul
bagian-bagian jendela dari ms word? Tentu jika kita terus mempelajari dan
mencoba satu-persatu setiap menu yang ada maka kita akan terbiasa
menggunakannya.
0 comments:
Post a Comment
Apa pendapatmu